-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Iklan

7 Buah Yang Efektif Bikin Kolesterol Minggat

Rabu, 15 Februari 2023 | 11.04 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-15T04:04:23Z
Ilustrasi 7 buah bikin minggat kolesterol (istw)
Depok (depoKini) - Pola Makan yang tanpa batas dan sering dikonsumsi sehari-hari bisa mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

Kolesterol tinggi muncul karena gaya hidup dan pola makan yang buruk.

Banyak saran atau tips untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, dan ini salah satunya, yakni rutin mengkonsumsi 7 buah-buahan yang efektif menurunkan kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi jika dibiarkan bisa memicu berbagai penyakit salah satunya penyakit jantung dan stroke, bahkan dapat berujung pada kematian.

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi akan menunjukkan gejala antara lain :
1. Tubuh mudah lelah
2.Tangan dan kaki sering kesemutan
3. Rahang mudah sakit
4.Nyeri pada dada

Berikut ini adalah 7 buah-buahan yang efektif menurunkan kolesterol tinggi:

1. Nanas
Kandungan kalium dalam nanas membuat pembuluh darah menjadi rileks sehingga darah mengalir dengan lancar. Buah nanas telah terbukti menurunkan kolesterol dalam darah. Hal ini disebabkan, buah nanas mengandung vitamin C dan polifenol.

2. Belimbing wuluh
Kandungan vitamin C, kalium, dan potasium dalam belimbing wuluh bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat. Selain itu, kandungan sapoinin dalam belimbing wuluh bisa menurunkan absorsi kolesterol dalam tubuh.

3. Pir
Buah pir mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, kandungan quercetin bisa mengurangi peradangan dan tekanan darah tinggi.

4. Apel
Mengutip dari Everyday Health, serat dalam apel bisa mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah. Dengan begitu darah bisa mengalir dengan lancar.

5. Alpukat
Mengutip dari NDTV, alpukat Buah alpukat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Alasannya, alpukat merupakan sumber antioksidan dan mengandung vitamin K, C, B5, B6, E , dan lemak tak jenuh tunggal. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke. Tidak hanya itu, alpukat bisa mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL serta trigliserida darah.

6. Tomat
Buah berwarna merah ini mengandung vitamin A, B, K, dan C. Tomat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan yakni untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan jantung. Tomat kaya akan potasium yang bermafaat untuk menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan menurunkan risiko stroke.

7. Jeruk
Jeruk lemon, limau, dan jeruk bali memberikan dampak baik pada kadar kolesterol.

Menurut buku Healing Food, buah jeruk mengandung hesperidin yang bisa mengurangi gejala hipertensi. Sedangkan, kandungan pektinnya bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Dan, kandungan flavonoidnya bisa menurunkan risiko stroke pada perempuan.

Itulah 7 jenis buah-buahan yang bikin kolesterol minggat dari dalam tubuh. Semoga bermanfaat.
(MasGatot)
×
Berita Terbaru Update
-->